Categories
Perternakan

Cara Budidaya Jalak Suren

Cara Budidaya Jalak Suren

Cara Budidaya Jalak Suren

Latar Belakang Jalak Suren

Faktanya, Starling Suren di Indonesia dibedakan dari asalnya. Burung dengan nama ilmiah Viet Myna atau dikenal dengan nama Miet Myna, memiliki berbagai spesies seperti jalak selatan Jawa, jalak selatan Sumatera dan jalak selatan Malaysia (Kalimantan / Kalimantan).

Di antara semua jalak yang mulai punah, Jalak Suren ada di antara mereka. Karena itu, siapa pun yang ingin memelihara burung ini harus mendapat izin terlebih dahulu. Seperti burung langka, harganya pun tidak biasa. Harga burung ini, yang dimulai 4 minggu atau bertengger, tidak boleh kurang dari Rp. 600.000 per pasangan.

Adapun burung yang lebih besar, misalnya, usia 2 hingga 3 bulan dapat bernilai hingga 700.000 per pasangan. Burung berusia 7-8 bulan dianggap 1,2 juta per pasangan. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah sekitar 1 tahun atau siap untuk membiakkan burung? Harga burung bisa mencapai Rp. 1.500.000 per pasang (lihat Lengkap: harga jalak kejutan).

Setelah melihat perhatian dan harga burung ini, Anda mungkin tertarik untuk menjaganya. Jika Anda ingin membesarkan Suren Starlings, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


A. Kandang
Jalak Suren

Bagian pertama yang perlu kita pertimbangkan adalah kandang atau kandang yang akan kita gunakan untuk menampung beberapa burung. Idealnya, ukuran sangkar untuk mengangkat Starling Suren adalah Lebar 1m x Panjang 1m x Tinggi 2m. Tetapi ada juga petani yang menyarankan membuat kandang yang lebih besar, misalnya, Lebar 1m x Panjang 2m x Tinggi 2m.

Di kandang, Anda harus menempatkan beberapa tanaman hidup, seperti pohon, untuk memberi kesan alami agar burung tidak mudah stres. Anda juga harus menyediakan bak, karena burung-burung ini dikenal suka air dan biasanya hidup di alam liar atau di sarang dekat sumber air.

Di kandang atau tempat pengembangbiakan, Anda juga harus menyediakan sarang yang terbuat dari kayu atau kayu lapis dengan panjang 25 cm x lebar 25 cm x tinggi 25 cm (pelajari lebih lanjut: kandang jalak).

B. Makanan

Jalak Suren

Makanan burung (makanan) juga harus diperhitungkan. Burung-burung ini umumnya suka makan voer ketika mereka dibesarkan atau dipasok dari penjual burung. Voer adalah makanan utama selain makanan tambahan atau makanan tambahan (EF) dalam bentuk hewan kecil, biji-bijian, buah-buahan dan bahkan Croto.

Memberikan makanan ekstra dalam bentuk kriket atau croto yang dibuat setiap hari. Misalnya, 15-20 antrian untuk satu pasangan. Saat menerapkan croto, sekitar 2 atau 3 sendok makan (sendok makan) dapat diterapkan per hari (pelajari lebih lanjut: kawanan jalak).

OrBird adalah salah satu vitamin terbaik yang diberikan dengan suplemen gizi tinggi dan kicau.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/