Informasi

Inilah Biografi Benny Wenda dan Fakta Menariknya

Nama Benny Wenda telah menjadi topik hangat di seluruh negeri untuk tindakannya, yang dikenal sebagai pemimpin kerusuhan Papua. Mungkin mereka yang mengikuti berita ini tidak akan lagi tahu nama Benny Wenda. Tetapi bagi Anda yang tidak tahu siapa Benny Wenda? Lihat biografi Benny Wende di bawah ini untuk beberapa fakta menarik.


Biografi Benny Wenda


Ia lahir di Papua pada 17 Agustus 1974 dan sekarang tinggal di Oxford, Inggris. Selama beberapa dekade, nama Benny Wenda bahkan menentang aksesi Papua Barat ke Indonesia dan upayanya untuk membuat Papua merdeka. Benny Wenda sendiri bergabung dengan Dewan Penasihat Masyarakat Koteka (DMMK) dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal atau Sekretaris Jenderal.


Benny Wenda diberikan suaka pada tahun 2001 dan melarikan diri ke Inggris setelah pemerintah mengejar tuduhan berbagai tindak kekerasan tahun sebelumnya.


Fakta menarik tentang Benny Wenda

  1. Tidak pernah ditangkap
    Polisi menangkap Benny Wenda karena diduga menghasut masyarakat dan melakukan beberapa pemogokan ilegal untuk menyerang TNI atau Pos Polr pada Juni 2002.
    Namun, masyarakat Jayawijaya tidak menerima penangkapan ini dan mengorganisir demonstrasi di kantor DPRD Papua, menuntut agar polisi segera membebaskan Benny Wenda.
    Selama penangkapan Benny Wendan, polisi juga menemukan tiga pipa 10-cm dibuat menggunakan alat peledak, bersama dengan busur dan panah 11 puinensilmäisen, delapan panah rautasilmäisen, dan peralatan kantor lainnya, seperti perangko, postimerkkityynyjen, buku dan buletin.
    Pada tanggal 29 Oktober, Benny Wenda dan tahanan lainnya, Lasaeus Welila, melarikan diri dari ruang penjara dengan membuka jendela kamar mandi sebelum Benny Wenda dikenal karena melarikan diri ke Papua Nugini dan akhirnya mencari perlindungan di Inggris.
  2. Dapatkan penghargaan dari Oxford
    Benny Wenda dianugerahi Hadiah Kebebasan Kota Oxford pada 17 Juli 2019. Penghargaan tersebut menominasikan Benny Wenda sebagai aktivis perdamaian, tetapi pemerintah Indonesia mengatakan ini bertentangan dengan semua tindakan yang telah diambil Benny Wenda hingga saat ini untuk memisahkan Papua Barat dari Republik Indonesia. .
    Pemerintah Indonesia mengutuk pemberian tersebut melalui Kementerian Luar Negeri, dan pemerintah Indonesia juga percaya bahwa Dewan Kota Oxford tidak mengetahui dan memahami peristiwa Benny Wenda yang terlibat dalam banyak masalah separatisme papua.
    Namun demikian, menurut pemerintah Indonesia, penjatahan itu tidak ada hubungannya dengan sikap pemerintah Inggris terhadap Indonesia, yang diketahui sepenuhnya mendukung Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

    Ini memiliki beberapa biografi dan juga beberapa fakta menarik, Benny Wenda, Anda mungkin tahu. Semoga ini bermanfaat.