Categories
Pendidikan

Konsep Kelompok Sosiologi

Konsep Kelompok Sosiologi

Konsep Kelompok Sosiologi

Definisi Kelompok

Secara umum, konsep “kelompok” atau “kelompok” dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang dikombinasikan dengan rekrutmen, hak dan kewajiban tertentu dan prinsip. (Santo, 2000: 421). Konsep ini sangat dominan dalam studi sologi, karena dalam penyelidikan “kelompok”, berbagai interaksi dipahami yang kebiasaan, dilembagakan atau yang berlangsung untuk waktu yang relatif lama dan yang sering terjalin di antara kelompok.

 

Ada Berbagai Jenis Kelompok

Pertama, kategori sosial adalah sekelompok individu yang dikelompokkan secara konseptual sesuai dengan karakteristik spesifik (usia, jenis kelamin, profesi, agama, kesetaraan asal, kekerabatan, dll). Sebagai kelompok sosial, Kediua terdiri dari individu-individu yang dengan sengaja berkelompok bersama dan terhubung ke jaringan interaksi standar yang membaginya menjadi serangkaian peran (ekonomi, politik, ritual, ruang kerja).

Keanggotaan tidak otomatis di sini, tetapi harus melalui prosedur tertentu. Grup ini dibagi menjadi grup primer yang anggotanya berinteraksi tatap muka (keluarga atau rumah). Kelompok sekunder (kelompok politik atau asosiasi profesional) yang anggotanya tidak hanya harus bertemu tatap muka. Selain itu, ada kelompok khusus, yaitu perusahaan, yang menerapkan aturan untuk pembagian aset dan aset dan aset tidak berwujud.

 

Ekstrem Kelompok Aksi

Pada ekstrem yang lain, ada juga kelompok aksi atau kelompok kerja yang terdiri dari individu yang berorganisasi untuk melaksanakan tugas atau kegiatan bersama. Namun, keberadaan kelompok kerja ini relatif terbatas.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :